Senin, 25 November 2013

ANAK ADALAH TANGGUNG JAWAB KITA BERSAMA.... ORANG TUA, GURU DAN JUGA LINGKUNGAN

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari sabtu tanggal 23 Nopember 2013, bertempat di Aula Masjid As-Syuhada Perumahan Beji Permai RT.03 RW.014 Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji, telah berlangsung Sosialisasi Internet Sehat yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika ( DISKOMINFO ) Kota Depok yang bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) As-Syuhada, serta Mahakarya Nusantara selaku tim Pelaksananya.

Dalam acara tersebut, ada beberapa hal yang cukup menarik dalam sambutan atau paparan yang disampaikan oleh Ibu Tengku Farida Rachmayanti, SE.MSI selaku anggota DPRD Kota Depok yang hadir pada acara Sosialisasi Internet Sehat tersebut


Dalam sambutannya, Ibu T. Farida Rachmayanti menuturkan bahwa di dalam setiap kegiatan masa reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Depok, beliau selalu mendapatkan sebuah pertanyaan tentang kecemasan para orang tua terlebih seorang ibu, tentang anak-anak yang disayanginya kecanduan bermain internet di warnet.
Bertolak dari hal tersebut, maka Ibu T. Farida Rachmayanti melakukan koordinasi serta konsolidasi kepada PEMDA dan dalam hal ini adalah Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Depok, “ Bisakah dilakukan sebuah kegiatan yang bisa  dijadikan sebuah wadah sharing antara para orang tua dengan Pemerintah.”

Kita semua yakin dan sepaham serta sepakat, bahwa kita semua menginginkan anak-anak yang sehat, berahlak baik, cerdas serta menjadi penyambung kepemimpinan untuk bisa menghasilkan kemslahatan dari waktu ke waktu. Dan hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiribagi para orang tua untuk menjaga anak-anaknya.
“ Dalam menjaga anak-anak, Kota Depok sudah melaksanakan sebuah program yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat yang disebut dengan Program Kota Layak Anak. Dan Alhamdulillah DPRD Kota Depok berinisiatif membuat sebuah PERDA ( Peraturan Daerah ) tentang penyelenggaraan Kota Layak Anak dan mudah-mudahan akan dilakukan pembahasan terkhirnya dan paripurnanya pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 3 Desember 2013. Dan bila PERDA ini di Paripurnakan maka berarti Kota Depok adalah merupakan kota pertama yang melakukan ini di seluruh Indonesia “. Demikian lebih lanjut paparan yang disampaikan oleh Ibu T. Farida Rachmayanti.

Kenapa anak - anak saat ini betah untuk berlama - lama di Warnet ?
Menurut perspektif Ibu T. Farida Rachmayanti sebagai sebagai seorang wakil rakyat sekaligus pelayan masyarakat dan melihat peta kondisi yang ada saat ini, maka beliau menyimpulkan bahwa ada dua sebab yang menyebabkan anak - anak betah di warnet, yakni ;
1.       Melemahnya perhatian serta pengasuhan lingkungan keluarga.
2.       Terbatasnya sarana dan prasarana untuk mengembangkan serta mengekspresikan potensi yang dimiliki oleh anak.

Oleh karena itu, kita semua harus bisa menciptakan sebuah media atau tempat anak - anak kita bermain dan mengekspresikan segala potensi yang dimilikinya, serta kita harus bisa menciptakan suasana rumah yang nyaman dan tentram buat anak - anak kita.

Posting Komentar