Senin, 18 November 2013

RW.07 KELURAHAN TANAH BARU GELAR ACARA "MENYAMBUT TAHUN BARU HIJRIAH 1435"

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1435 Hijriyah yang jatuh pada, Selasa (5/11) warga Kelurahan Tanah Baru Beji - Depok menggelar sebuah kegiatan ceramah dan pagelaran budaya Jawa, Senin tanggal 04 Nopember 2013 di lapangan yang terletak di RT 03 RW 07. 
Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah membangun rasa persatuan dan kesatuan di antara warga RW.07 Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji Kota Depok.
Acara yang dimulai dengan doa bersama, shalawat, tauziah, serta diakhiri potong tumpeng dihadiri oleh sejumlah warga dari lingkungan sekitar lingkup RW 07 dan sekitarnya. Acara juga dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok, juga tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Acara memperingati tahun baru Islam, 1 Muharam yang juga identik dengan malam pergantian tahun Jawa yakni malam 1 Syuro, merupakan sebuah tradisi Jawa yang sampai saat ini masih bertahan. 
Di beberapa daerah di Jawa, seperti Yogyakarta, Solo dan sekitarnya masih mempertahankan budaya malam 1 Syuro dengan berbagai ritual sebagai bagian dalam intropeksi diri.
Budaya malam 1 Syuro telah dikenal masyarakat Jawa sejak masa pemerintahan Sultan Agung (1613 – 1645 M) yang pada saat itu kondisi masyarakat masih dipengaruhi dengan sistem penanggalan Tahun Saka yang merupakan warisan dari tradisi Hindu. Sejak masa memperluas ajaran Islam di tanah Jawa Sultan Agung memadukan antara tradisi Jawa dengan menetapkan 1 Muharram sebagai tahun baru

Posting Komentar