Selasa, 19 November 2013

“ CALIMAS TEHNIK “ Berangkat dari Seorang Sales Spare Parts Motor

“ CALIMAS TEHNIK “  adalah sebuah usaha yang di jalankan oleh Bapak Limin Saelani yang merupakan  seorang mantan Ketua RT di Kelurahan Tanah Baru, tepatnya RT.03 RW.05.
Calima tehnik sendiri berada di Jalan Raya Tanah baru No.17  RT.03 RW.04 Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji.
Bapak Limin, begitu panggilan akrabnya sempat menjadi seorang ketua RT.03 RW.05 Kelurahan Tanah Baru selama 14 tahun lamanya.
Calimas sendiri pada awal usahanya adalah membuat kepala aki mobil dan kabel aki serta kabel jumper aki mobil. Dan karena keinginan memperluas usaha, akhirnya Calimas saat ini juga membuka usaha jasa pengelasan dan pembuatan pagar besi, teralis rumah, kanopi, dan lain - lain.
Calimas ini berdiri pada tahun 1998, demikian penuturan yang disampaikan oleh Bapak Limin.

Menurut penuturan dari Bapak Limin, CALIMAS ini berawal dari sebuah pembelajaran yang di dapatkan dari seorang yang kebetulan mengontrak rumah di tempatnya, dan orang tersebut mempunyai sebuah usaha pembuatan kepala aki mobil dan kabel jumper aki serta kabel akinya. “ Secara diam - diam saya mencoba untuk mempelajari cara pembuatan kepala aki dan kabel aki untuk mobil tanpa diketahui oleh yang bersangkutan, “ demikian cerita Bapak Limin kepada saya. “ Dan akhirnya dari pencurian ilmu tersebut, akhirnya saya paham dan mengerti gimana cara pembuatannya serta bahan - bahan yang dibutuhkan “ demikian ujar Bapak Limin.
“ Dan dulu saya adalah seorang sales spare part motor, dan saya keliling dari parung sampai ke Jakarta. Dan dari pengalaman tersebut saya, saya bisa mendapatkan banyak rekanan serta tahu banyak lokasi - lokasi pemasaran produk yang saya buat. “ demikian cerita Bapak Limin melanjutkan ceritanya.

Nama CALIMAS sendiri adalah merupakan sebuah singkatan dari nama - nama keluarga besar Bapak Limin, yakni : Caing - Limin - Alimah - Syaelani.

Motivasi yang membuat Bapak Limin berusaha untuk membuka usaha rumahan adalah karena banyak anak muda di sekitar rumahnya yang menganggur, dan dengan adanya usaha tersebut, Bapak Limin mengajak anak - anak muda tersebut untuk bekerja padanya dan mempunyai kegiatan yang positif.
Saat ini jumlah pekerja yang dipekerjakan oleh Bapak Limin sebanyak 13 pekerja.

Menurut apa yang dikatakan oleh bapak Limin selaku pengelola Calimas Tehnik, resep sukses dan kelangsungan usaha hanyalah kemauan, tekad yang bulat serta kerja keras dari para pengelola dan pekerja.

Dan untuk permodalan, selama ini adalah join antara anggota keluarga dan juga beberapa  tetangga. Dan selama ini Calimas juga sempat mendapatkan pinjaman modal usaha dari BKM Kelurahan Tanah Baru serta pinjaman modal dari Bank BRI.
dan untuk pemasaran kepala aki dan kabel aki serta kabel jamper aki, memang pada aqwalnya adalah memsarkan sendiri dari toko ke toko, tetapi saat ini dari para sales sudah datang sendiri ke Calimas.

















Posting Komentar